Mental Health

        Hari Kesehatan Mental Sedunia merupakan program tahunan yang diadakan oleh World Federation for Mental Health setiap 10 Oktober dari tahun 1992. Pada peringatan tahun ini, tema besar yang diangkat adalah Mental Health for All : Greater Investment Greater Access yang mendesak peningkatan investasi dalam layanan kesehatan mental yang sesuai dan layak, serta mewujudkan akses kesehatan mental untuk semua orang, tanpa ada batasan.

        Kesenjangan akses terhadap pelayanan kesehatan mental masih terbilang cukup besar di dunia. Menurut WHO (2013), sebanyak 35-50% orang dengan gangguan mental di negara berpenghasilan tinggi dan 76-85% orang di negara menengah kebawah tidak memiliki akses untuk pengobatan atau treatment bagi kesehatan mental mereka.

        Pelayanan kesehatan mental yang berkualitas dan mudah diakses merupakan pondasi untuk jaminan kesehatan universal dan sangat dibutuhkan saat dunia sedang bergulat dengan keadaan sulit seperti saat ini.

        Kesehatan mental adalah bagian dari hak asasi manusia, maka sudah selayaknya layanan kesehatan mental tersedia untuk semua orang di dunia.

"Mental health is an investment and not an expense and should be prioritised to avert a further catasthrope." - Dr. Inggrid Daniels, President of World Federation for Mental Health

 

    Sumber : Akun Instagam @uisehatmental

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motivation Letter